Sabtu, Mei 17, 2008

Resep Sapi Lada Hitam

Ini bekal yang biasa kubikin untuk Abang. Katanya sih, dia suka. Tapi mungkin dia suka mungkin bukan karena enak, tapi emang dia suka daging aja!
Aku juga suka bikinnya karena praktis. Cemplung-cemplung, diemin semalem, besoknya tinggal tumis deh!

Bahan:
1 genggam daging sapi iris tipis memanjang
1 sdm saos tiram
1 sdm kecap manis
1 sdm minyak wijen
1 sdm kecap asin
1 sdm kecap Inggris
1 siung bawang putih cincang halus
lada hitam bubuk sebanyak-banyaknya
1 sdm mentega
garam bila perlu (kecap asin kan udah asin)

Cara membuat:
- Aduk daging dalam semua bahan kecuali bawang putih, lada dan mentega. Diamkan minimal 1 jam.
- Tumis bawang putih dalam mentega panas dengan api kecil.
- Masukkan campuran daging, aduk.
- Tambahkan lada hitam sebanyak-banyaknya sesuai selera, masak sampai matang.
- Bila daging kelihatan belum empuk, tambahkan sedikit air dan masak lagi hingga air menyerap dan daging matang.

Untuk 1 orang

Tips:
- Irisan daging yang siap masak biasanya bisa ditemui di supermarket dengan label 'daging tumis'. Enak nggak usah motong-motong lagi.
- Nggak pake saos Inggris juga nggak apa-apa. Aku juga nggak pernah pake kok, he he!
- Kalau mau buat bekal siapkan malam sebelumnya, jadi paginya tinggal ditumis sebentar, kelar!
- Biar lebih lengkap bisa tambahkan potongan paprika warna apa saja pas ditumis. Bahkan kalau mau sedikit pedas, tambahkan irisan cabe keriting!

Tidak ada komentar: