Senin, Mei 26, 2008

Resep Nasi Tomat

Ini resep MPASI buat Basil. Baru sekali dibuat, Basil kayanya doyan. Bikinnya juga seneng sih, baunya enak! Yummy! Karena MPASI jadi nggak pakai garam. Kalau orang dewasanya mau tambahin aja garam, dan ganti ayam gilingnya dengan potongan dadu daging ayam. Yuk!

Bahan:

2 genggam beras
2 sdm penuh daging ayam giling
1 bh terong ungu ukuran sedang, potong dadu kecil-kecil
1 buah tomat, parut, saring
2 cangkir kecil kaldu atau air
1 sdm mentega

Bumbu:
1 siung bawang putih
1 siung bawang merah
1 cubit (pake jempol dan telunjuk) kayu manis bubuk

Cara membuat:
- panaskan mentega hingga leleh. Tumis bawang merah dan putih hingga harum
- masukkan daging ayam, aduk-aduk.
- masukkan beras, aduk.
- tambahkan secangkir kaldu atau air, parutan tomat serta kayu manis bubuk
- aduk rata hingga air meresap
- matikan api dan masukkan potongan terong ke dalam campuran beras.
- tuang campuran beras ke pinggan tahan panas. Tambahkan kaldu atau air.
- kukus hingga matang. Hmm wangi!

Tips:
- selain terong bisa pakai sayuran apa saja. Di sini karena memakai terong yang cepat matang, maka potongan terong dimasukkan belakangan. Jadi perhatikan sendiri kematangan sayurnya ya!
- nasi ini dicobakan ke Basil waktu dia umur 11 bulan. Untuk bayi di bawah umur itu perhatikan apakah ia sudah bisa menerima bahan-bahan seperti di atas. Terutama tomat yang punya zat asam.
-jumlah kaldu boleh dikira-kira aja kok. Aku juga, hehe!

Tidak ada komentar: